Memberikan info tentang dunia komputer, elektronika,software dan lain-lain. semoga bermanfaat by Zulfikar

Arsip

Sabtu, 06 September 2014

Teknologi wireless dan perangkatnya

Tidak ada komentar :
Selain jaringan kabel, ada berbagai teknologi yang memungkinkan pengiriman informasi antara host tanpa kabel. Ini dikenal sebagai teknologi nirkabel.

Teknologi nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membawa informasi antara perangkat. Gelombang elektromagnetik adalah media yang sama yang membawa sinyal radio melalui udara.

Spektrum elektromagnetik mencakup hal-hal seperti radio dan televisi menyiarkan band, terlihat cahaya, sinar-x dan sinar gamma. Masing-masing memiliki khusus macam panjang gelombang dan terkait energi seperti ditunjukkan dalam diagram.

Beberapa jenis gelombang elektromagnetik tidak cocok untuk membawa data. Bagian lain dari spektrum adalah diatur oleh pemerintah dan berlisensi untuk berbagai organisasi untuk aplikasi tertentu. Daerah-daerah tertentu dari spektrum telah disisihkan untuk memungkinkan penggunaan umum tanpa pembatasan harus mengajukan permohonan untuk ijin khusus. Panjang gelombang paling umum digunakan untuk komunikasi nirkabel yang umum termasuk inframerah dan bagian dari band frekuensi Radio (RF).
a.       Infrared
Inframerah (IR) adalah energi yang relatif rendah dan tidak dapat menembus dinding atau hambatan lain. Namun, umumnya digunakan untuk menghubungkan dan memindahkan data di antara perangkat seperti Personal Digital Assistant (PDA) dan PC. Sebuah port komunikasi khusus yang dikenal sebagai pelabuhan akses langsung inframerah (IrDA) menggunakan IR untuk bertukar informasi antar perangkat. IR hanya memungkinkan satu-satu jenis sambungan.
IR juga digunakan untuk remote control perangkat, wireless mouse dan keyboard nirkabel. Hal ini umumnya digunakan untuk jangka pendek, line-of-sight, komunikasi. Namun, dimungkinkan untuk mencerminkan IR sinyal dari objek untuk memperluas jangkauan. Untuk kisaran yang lebih besar, lebih tinggi frekuensi gelombang elektromagnetik diperlukan.
b.      Frekuensi radio (RF)
RF gelombang dapat menembus melalui dinding dan hambatan lain, memungkinkan berbagai jauh lebih besar daripada IR.
Daerah-daerah tertentu dari band RF telah disisihkan untuk digunakan oleh berlisensi perangkat seperti LAN nirkabel, nirkabel ponsel dan aksesoris komputer. Ini termasuk 900 MHz, 2,4 GHz dan 5 GHz rentang frekuensi. Rentang ini dikenal sebagai industri ilmiah dan Kedokteran (ISM) Band dan dapat digunakan dengan sedikit pembatasan.
Bluetooth adalah teknologi yang membuat penggunaan 2,4 GHz. Ini terbatas pada komunikasi kecepatan rendah, jangka pendek, tetapi memiliki keuntungan dari berkomunikasi dengan banyak perangkat pada waktu yang sama. Komunikasi satu-ke-banyak ini telah membuat teknologi Bluetooth metode yang disukai atas IR untuk menghubungkan komputer periferal seperti mouse, keyboard, dan printer.
Teknologi lainnya yang membuat penggunaan 2,4 GHz dan 5GHz band adalah teknologi LAN nirkabel modern yang sesuai dengan standar IEEE 802.11 berbagai. Mereka adalah seperti teknologi Bluetooth dalam bahwa mereka mengirimkan pada tingkat yang jauh lebih tinggi kekuasaan, yang memberi mereka lingkup yang lebih besar.

Tidak ada komentar :