Memberikan info tentang dunia komputer, elektronika,software dan lain-lain. semoga bermanfaat by Zulfikar

Arsip

Kamis, 27 Februari 2014

Keselamatan Kerja

Tidak ada komentar :



Pedoman keselamatan membantu melindungi individu dari kecelakaan dan cedera dan melindungi peralatan dari kerusakan. Beberapa pedoman dirancang untuk melindungi lingkungan dari pencemaran kotoran. Tetaplah waspada terhadap situasi yang dapat menyebabkan kerusakan alat. Tanda-tanda peringatan yang dirancang untuk mengingatkan bahaya. Selalu perhatikan tanda-tanda dan ambil tindakan yang tepat dengan peringatan yang diberikan.
A.     Jelaskan maksud dari kondisi kerja yang aman dan prosedur.
Kondisi kerja yang aman membantu untuk mencegah cedera pada orang dan kerusakan pada peralatan komputer. Sebuah ruang kerja yang aman bersih, terorganisir, dan terang. Setiap orang harus memahami dan mengikuti prosedur keselamatan.
Ikuti prosedur yang tepat untuk peralatan komputer penanganan untuk mengurangi risiko cedera diri, kerusakan properti, dan hilangnya data.
Pastikan mengikuti peraturan yang mengatur bagaimana membuang marerial tertentu. Orang yang melanggar peraturan ini bisa didenda atau mendapat hukuman.
1.      Mengidentifikasi prosedur keselamatan dan potensi bahaya bagi pengguna dan teknisi.
a.       Pedoman Keselamatan Umum
Ikuti panduan keselamatan dasar untuk mencegah luka, luka bakar, sengatan listrik, dan kerusakan penglihatan. Seperti praktek terbaik, pastikan bahwa alat pemadam kebakaran dan first-aid kit dalam kasus kebakaran atau cedera. Kabel yang murahan biasanya menimbulkan bahaya dalam instalasi jaringan. Kabel harus dipasang dengan benar atau kabel mampu untuk mencegah bahaya bagi pengguna.
b.      Electrical Safety Guidelines
Ikuti panduan keselamatan untuk mencegah kebakaran, cedera, dan kematian karena konsleting listrik. Power Suplly dan monitor memiliki tegangan yang sangat tinggi. Hanya teknisi yang berpengalaman memperbaiki power suplly dan monitor, sedangkan pengguna hanya harus menggantinya. Jangan memakai gelang antistatik saat memperbaiki power suply atau monitor. 
Beberapa bagian printer dapat menjadi sangat panas saat digunakan, dan bagian lain mungkin mengandung tegangan yang sangat tinggi. Pastikan bahwa printer dingin sebelum melakukan perbaikan. Periksa printer untuk menempatkan berbagai komponen yang mungkin mengandung tegangan tinggi. Beberapa komponen dapat menyimpan tegangan tinggi bahkan setelah printer dimatikan.
Electrical devices Memiliki certain power requirements. Misalnya, AC adapter yang diproduksi untuk laptop tertentu. Bertukar kabel listrik dengan berbagai jenis laptop atau perangkat dapat menyebabkan kerusakan pada adaptor AC dan laptop.

c.       Fire Safety Guidelines
Ikuti panduan keselamatan untuk melindungi struktur, dan peralatan. Untuk menghindari sengatan listrik, dan untuk mencegah kerusakan pada komputer, matikan dan cabut kabel pada komputer sebelum memulai perbaikan.
Api dapat menyebar dengan cepat. Penggunaan alat pemadam kebakaran dapat mencegah api kecil agar tidak membesar. Ketika bekerja dengan komponen komputer, selalu mempertimbangkan terjadinya kbakaran dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Waspada terhadap pancaran dari komputer dan perangkat elektronik. Ketika komponen elektronik terlalu panas akan memancarkan bau terbakar. Jika terjadi kebakaran, ikuti prosedur keselamatan ini:
·         Jangan melawan api yang berada di luar kendali.
·         Selalu memiliki pintu darurat yang direncanakan sebelum memulai pekerjaan.
·         Keluar dari gedung dengan cepat.
·         Hubungi layanan darurat untuk bantuan.
2.      Mengidentifikasi prosedur keselamatan untuk melindungi peralatan dari kerusakan dan data dari kerugian.
Electrostatic Discharge(ESD), harsh climates, dan bahan-bahan listrik berkualitas rendah
dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan komputer. Ikuti panduan penanganan yang tepat, menyadari ancaman lingkungan, dan menggunakan peralatan yang tepat untuk mencegah kerusakan peralatan dan kehilangan data.
a.       ESD
Listrik statis adalah  muatan listrik menumpuk yang ada di permukaan. Penumpukan ini dapat melompat ke komponen dan menyebabkan kerusakan. Hal ini dikenal sebagai Electrostatic Discharge (ESD). ESD dapat merusak benda elektronik dalam sistem komputer.
Setidaknya 3.000 volt listrik statis harus terbentuk sebelum seseorang bisa merasakan ESD. Misalnya, listrik statis dapat terbentuk pada  saat berjalan di lantai berkarpet. Ketika  menyentuh orang lain, terkejut. Jika debit menyebabkan rasa sakit atau membuat suara, mungkin di atas 10.000 volt. Sebagai perbandingan, kurang dari 30 volt listrik statis dapat merusak komponen komputer.
b.      Rekomendasi Perlindungan ESD
ESD dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen listrik. ikuti rekomendasi ini untuk membantu mencegah kerusakan ESD:
·         Jauhkan semua komponen dalam tas Antistatic sampai siap untuk menginstal.
·         Gunakan tikar didasarkan pada area kerja.
·         Gunakan tali pergelangan tangan antistatik saat bekerja pada komputer.
c.       EMI
Electromagnetic Interference (EMI) adalah intrusi sinyal elektromagnetik luar di media transmisi, seperti kabel tembaga. Dalam lingkungan jaringan, EMI mendistorsi sinyal sehingga perangkat penerima mengalami kesulitan menterjemahkan.
EMI tidak selalu berasal dari sumber yang diharapkan seperti telepon seluler. Jenis peralatan lainnya dapat diam, tak terlihat medan elektromagnetik yang dapat memperpanjang selama lebih dari satu mil.
Ada banyak sumber EMI:
·         Setiap sumber dirancang untuk menghasilkan energi elektromagnetik
·         Sumber buatan manusia seperti saluran listrik atau motor
·         Kejadian alam seperti badai listrik atau radiasi surya dan antar Jaringan nirkabel dipengaruhi oleh Frekuensi Radio Interference (RFI). RFI adalah gangguan yang disebabkan oleh pemancar radio dan perangkat lain transmisi pada frekuensi yang sama. Sebagai contoh, telepon nirkabel dapat menyebabkan masalah dengan jaringan nirkabel bila kedua perangkat menggunakan frekuensi yang sama. Gelombang mikro juga dapat menyebabkan gangguan bila berada di dekat perangkat jaringan nirkabel.
d.      Iklim
Iklim mempengaruhi peralatan komputer dalam berbagai cara:
·         Jika suhu lingkungan terlalu tinggi, peralatan dapat menjadi terlalu panas.
·         Jika tingkat kelembaban terlalu rendah, kemungkinan meningkat ESD.
·         Jika tingkat kelembaban terlalu tinggi, peralatan dapat menderita kerusakan kelembaban.
e.       Jenis Power Fluctuation
Tegangan adalah kekuatan yang bergerak elektron melalui jalannya. Computer circuits membutuhkan tegangan dan arus untuk mengoperasikan komponen elektronik. Ketika tegangan di komputer tidak akurat atau stabil, komponen komputer tidak dapat beroperasi dengan benar. Unsteady voltages disebut power fluctuations.
Berikut jenis fluktuasi listrik AC dapat menyebabkan kehilangan data atau kegagalan hardware:
·         Blackout - Hilangnya listrik AC. Sebuah sekering ditiup, trafo rusak, atau kabel listrik jatuh dapat menyebabkan pemadaman.
·         Brownout - Mengurangi tingkat tegangan listrik AC yang berlangsung selama jangka waktu tertentu. Brownouts terjadi ketika daya tegangan turun di bawah 80% dari tingkat tegangan normal. Overloading jalannya listrik dapat menyebabkan brownout.
·         Noise- Gangguan oleh generator dan petir. Hasil Noise dalam kekuasaan besar, yang dapat menyebabkan kesalahan dalam sistem komputer.
·         Spike - Peningkatan mendadak dalam tegangan yang berlangsung selama waktu yang sangat singkat dan melebihi 100% dari tegangan normal baris. Spikes dapat disebabkan oleh sambaran petir, tetapi juga dapat terjadi ketika sistem listrik datang kembali setelah pemadaman.
·         Lonjakan listrik - peningkatan dramatis dalam tegangan di atas aliran normal arus listrik. Sebuah lonjakan listrik berlangsung selama beberapa nanodetik, atau satu miliar detik.
f.       Perlindungan Perangkat listrik
Untuk membantu melindungi masalah fluktuasi daya, menggunakan perangkat perlindungan untuk melindungi data dan peralatan komputer:
·         Surge suppressor - Membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sengatan listrik dan paku. Sebuah surge surppressor mengalihkan tegangan listrik tambahan ke tanah.
·         Uninterruptible Power Supply (UPS) - Membantu melindungi terhadap masalah daya potensial listrik dengan memasok daya listrik ke komputer atau perangkat lain. Baterai terus mengisi sedangkan UPS sedang digunakan. UPS mampu memasok kualitas yang konsisten kekuasaan ketika brownouts dan pemadaman terjadi. Banyak perangkat UPS dapat berkomunikasi secara langsung dengan sistem operasi pada komputer. Komunikasi ini memungkinkan UPS untuk aman mematikan komputer dan menyimpan data sebelum UPS kehilangan semua daya listrik.
·         Standby Power Supply (SPS) - Membantu melindungi terhadap masalah daya potensial listrik dengan menyediakan baterai cadangan untuk memasok listrik ketika tegangan masuk turun di bawah tingkat normal. Baterai siaga selama operasi normal. Ketika tegangan menurun, baterai menyediakan daya DC ke power inverter, yang mengkonversi ke listrik AC untuk komputer. Perangkat ini tidak dapat diandalkan sebagai UPS karena waktu yang dibutuhkan untuk beralih ke baterai. Jika perangkat beralih gagal, baterai tidak akan dapat memasok listrik ke komputer.
3.      Mengidentifikasi prosedur keselamatan untuk melindungi lingkungan dari pencemaran.
Komputer dan peripheral mengandung bahan yang  berbahaya bagi lingkungan. Bahan-bahan berbahaya kadang-kadang disebut limbah beracun. Bahan-bahan ini dapat mengandung konsentrasi tinggi logam berat seperti kadmium, timbal, atau merkuri. Peraturan untuk pembuangan bahan berbahaya bervariasi menurut tempatnya. Hubungi daur ulang setempat atau otoritas limbah penghapusan dalam komunitas untuk informasi tentang prosedur dan layanan pembuangan.
a.          Material Safety and Data Sheet
Material Safety and Data Sheet (MSDS) adalah lembaran fakta yang meringkas informasi tentang identifikasi bahan, termasuk bahan-bahan berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan pribadi, bahaya kebakaran, dan persyaratan pertolongan pertama.
Untuk menentukan apakah material digolongkan sebagai berbahaya, konsultasikan MSDS produsen. Di AS, Occupational Safety and Health Administration  (OSHA) mensyaratkan bahwa semua bahan berbahaya harus disertai dengan MSDS saat ditransfer ke pemilik baru. Informasi MSDS disertakan dengan produk yang dibeli untuk perbaikan komputer atau perawatan dapat relevan dengan teknisi komputer. OSHA juga mensyaratkan bahwa karyawan diberitahu tentang bahan-bahan yang mereka bekerja dengan dan diberikan informasi keselamatan material. Di Inggris, Kimia Bahaya Informasi dan Kemasan for Supply Peraturan 2002 (CHIP3) mengawasi penanganan bahan berbahaya. CHIP3 membutuhkan pemasok bahan kimia untuk aman mengemas dan mengangkut bahan kimia berbahaya dan untuk menyertakan lembar data dengan produk.
b.         Proper Disposal of Batteries 
Baterai sering mengandung logam tanah jarang yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Baterai dari sistem komputer portabel mungkin mengandung timbal, kadmium, lithium, mangan alkali, dan merkuri. Logam ini tidak busuk dan akan tetap berada di lingkungan selama bertahun-tahun. Mercury umumnya digunakan dalam pembuatan baterai dan sangat beracun dan berbahaya bagi manusia.
Baterai daur ulang harus menjadi praktek standar untuk teknisi. Semua baterai, termasuk baterai lithium-ion, nikel-kadmium, nikel-metal hidrida, dan timbal-asam tunduk pada prosedur pembuangan yang sesuai dengan peraturan lingkungan setempat.
c.         Proper Disposal of Monitors or CRTs
Menangani monitor CRT dan dengan hati-hati. Tegangan sangat tinggi dapat disimpan dalam monitor dan CRT, bahkan setelah terputus dari sumber listrik. CRT mengandung kaca, logam, plastik, timah, barium, dan logam tanah jarang. Menurut US Environmental Protection Agency (EPA), CRT mungkin berisi sekitar 4 lbs (1,8 kg) dari timah. Monitor harus dibuang sesuai dengan peraturan lingkungan.
d.         Proper Disposal of Toner Kits, Cartridges, and Developers
Printer yang digunakan kit toner dan cartridge printer harus dibuang dengan benar atau didaur ulang. Beberapa toner cartridge pemasok dan produsen akan mengambil kartrid kosong untuk isi ulang. Ada juga perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengisi ulang kartrid kosong. Kit untuk mengisi ulang inkjet cartridge printer yang tersedia tetapi tidak dianjurkan, karena tinta dapat bocor ke dalam printer, menyebabkan kerusakan ireversibel. Hal ini bisa sangat mahal karena menggunakan cartridge inkjet isi ulang juga dapat membatalkan garansi printer inkjet.
e.         Proper Disposal of Chemical Solvents and Aerosol Cans
Hubungi perusahaan sanitasi setempat untuk mengetahui bagaimana dan di mana untuk membuang bahan kimia dan pelarut yang digunakan untuk membersihkan komputer. Jangan membuang bahan kimia atau pelarut bawah wastafel atau membuangnya dalam saluran yang terhubung ke selokan publik.
Kaleng atau botol yang mengandung pelarut dan bahan pembersih lainnya harus ditangani dengan hati-hati. Pastikan bahwa mereka diidentifikasi dan diperlakukan sebagai limbah berbahaya khusus. Sebagai contoh, beberapa kaleng aerosol dapat meledak bila terkena panas jika isinya tidak benar-benar digunakan.

B.     Mengidentifikasi alat dan perangkat lunak yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan.
1.      Mengidentifikasi alat perangkat keras dan tujuannya
Sebuah toolkit harus berisi semua alat yang diperlukan untuk menyelesaikan perbaikan hardware. Ketika Anda mendapatkan pengalaman, Anda akan mempelajari alat-alat yang memiliki tersedia untuk berbagai jenis pekerjaan. Alat perangkat keras dikelompokkan ke dalam empat kategori:
·         ESD Tool
Ada dua alat ESD: gelang  tangan antistatik dan antistatic mat. Gelang Antisyatik melindungi peralatan komputer saat diletakkan ke chassis komputer. Tikar antistatik melindungi peralatan komputer dengan mencegah listrik statis dari terakumulasi pada hardware atau teknisi.
·         Hand Tools
Kebanyakan alat yang digunakan dalam proses perakitan komputer adalah small hand tool Mereka tersedia secara individual atau sebagai bagian dari perbaikan toolkit komputer. Toolkit berkisar luas dalam ukuran, kualitas, dan harga
·         Cleaning Tools
Memiliki Cleaning Tools yang tepat adalah penting ketika mempertahankan atau memperbaiki komputer. Menggunakan alat ini memastikan bahwa komponen komputer tidak rusak selama pembersihan.
·         Diagnostic Tools
Sebuah multimeter digital dan adaptor loopback digunakan untuk menguji hardware.
2.       Mengidentifikasi perangkat lunak dan tujuan mereka
Seorang teknisi harus mampu menggunakan berbagai perangkat lunak untuk membantu mendiagnosa masalah, memelihara perangkat keras, dan melindungi data yang tersimpan di komputer.
a.     Disk Management Tools
 Alat manajemen Disk membantu mendeteksi dan memperbaiki kesalahan disk, mempersiapkan harddisk untuk penyimpanan data, dan menghapus file yang tidak diinginkan. screen shot dari alat manajemen disk berikut:
·         Fdisk atau Disk Management - Membuat dan menghapus partisi pada hard drive
·         Format - Siapkan hard drive untuk menyimpan informasi
·         Scandisk atau Chkdsk - Memeriksa integritas file dan folder pada hard drive dengan memindai sistem file. Alat-alat ini juga dapat memeriksa permukaan disk untuk kesalahan fisik
·         Defrag - Mengoptimalkan ruang pada hard drive untuk memungkinkan akses cepat ke program dan data
·         Disk Cleanup - Membersihkan ruang pada hard drive dengan mencari file yang dapat dengan aman dihapus
·         Disk Management - Menginisialisasi disk, menciptakan partisi, dan partisi format
·         System File Checker (SFC) - Memindai sistem operasi file kritis dan menggantikan setiap file yang rusak
b.     Protection Software Tools
Setiap tahun, virus, spyware, dan jenis-jenis serangan berbahaya menginfeksi jutaan komputer. Serangan ini dapat merusak sistem operasi, aplikasi, dan data. Komputer yang telah terinfeksi bahkan mungkin memiliki masalah dengan kinerja hardware atau kegagalan komponen.
Untuk melindungi data dan integritas sistem operasi dan perangkat keras, gunakan software yang dirancang untuk menjaga terhadap serangan dan menghapus program jahat. alat-alat perlindungan software:
·         Windows XP Security Center - Cek status pengaturan keamanan penting. Pusat Keamanan terus memeriksa untuk memastikan bahwa program perangkat lunak firewall dan antivirus berjalan. Ini juga menjamin bahwa pembaruan otomatis ditetapkan untuk men-download dan menginstal secara otomatis.
·         Program Antivirus - Melindungi terhadap serangan virus.
·         Spyware remover - Melindungi terhadap perangkat lunak yang mengirimkan informasi mengenai kebiasaan surfing web bagi seorang penyerang. Spyware dapat diinstal tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pengguna.
·         Program Firewall - Berjalan terus menerus untuk melindungi terhadap komunikasi yang tidak sah ke dan dari komputer Anda.
3.       Mengidentifikasi alat organisasi dan tujuan
Layanan pelanggan yang baik termasuk menyediakan pelanggan dengan penjelasan rinci tentang masalah dan solusinya.
a.     Personal Reference Tools
 Alat referensi pribadi mencakup panduan troubleshooting, produsen manual, panduan referensi cepat, dan jurnal perbaikan. Selain faktur, teknisi menyimpan jurnal upgrade dan perbaikan. Dokumentasi dalam jurnal harus mencakup deskripsi dari masalah, kemungkinan solusi yang telah dicoba, dan langkah-langkah yang diambil untuk memperbaiki masalah. Pastikan untuk mencatat perubahan konfigurasi dibuat untuk peralatan dan setiap suku cadang yang digunakan dalam perbaikan. Dokumentasi ini akan sangat berharga ketika menghadapi situasi serupa di masa mendatang.
·         Catatan - Membuat catatan saat Anda pergi melalui penyelidikan dan proses perbaikan. Mengacu pada catatan ini untuk menghindari mengulang langkah sebelumnya dan untuk menentukan apa langkah yang harus diambil selanjutnya.
·         Jurnal - Dokumen upgrade dan perbaikan yang Anda lakukan. Dokumentasi harus mencakup deskripsi dari masalah, solusi yang mungkin yang telah dicoba dalam rangka untuk memperbaiki masalah, dan langkah-langkah yang diambil untuk memperbaiki masalah. Pastikan untuk mencatat perubahan konfigurasi dibuat untuk peralatan dan setiap suku cadang yang digunakan dalam perbaikan. Jurnal Anda, bersama dengan catatan, bisa berharga ketika menghadapi situasi serupa di masa mendatang.
·         History of repairs  - Buatlah daftar rinci masalah dan perbaikan, termasuk tanggal, suku cadang, dan informasi pelanggan. Sejarah memungkinkan teknisi untuk menentukan apa kerja telah dilakukan pada komputer di masa lalu.
b.     Internet Reference Tools
Internet adalah sumber yang sangat baik informasi tentang masalah hardware spesifik dan solusi:
·         Internet search engines
·         News groups
·         Manufacturer FAQs
·         Online computer manuals
·         Online forums and chat
·         Technical websites
c.     Miscellaneous Tools
Sebuah komputer kerja juga merupakan sumber daya berharga untuk  perbaikan komputer di lapangan. Sebuah komputer kerja dapat digunakan untuk informasi penelitian, men-download alat atau driver, atau berkomunikasi dengan teknisi lainnya.

Tidak ada komentar :