Memberikan info tentang dunia komputer, elektronika,software dan lain-lain. semoga bermanfaat by Zulfikar

Arsip

Rabu, 23 April 2014

Fungsi perangkat Periferal

Tidak ada komentar :
1.      Mouse
Fungsi dari mouse, antara lain :
a.       Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
b.      Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor.
c.       Digunakan untuk beberapa perintah seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
d.      Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
e.       Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
f.       Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk i mengedit foto dan lain lain.
g.      Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
h.      Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
i.        Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
j.        Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
k.      Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
2.      Keyboard
Fungsi dari keyboard, antara lain :
a.       Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya yaitu keyboard dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di monitor PC. Tombol yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf.
b.      Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol CTRL digabungkan dengan C maka dapat mengcopy sebuah file atau tulisan.
c.       Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsinya yaitu keyboard pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
d.      Fungsi keyboard berdasarkan tombol alternatenya yaitu keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi dari tombol tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoprasian komputer.
e.       Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasinya yaitu pada keyboard terdapat tombol Page Down yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. selanjutnya tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar ke atas. selanjutnya tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimat, selanjutnya tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat.dan tombol navigasi yaitu tumbol panah atas untuk ke atas,tombol panah bawah untuk kebawah,selanjutnya tombol panah kiri ke kiri, kemudian panah kanan ke kanan dan masih banyak fungsi lainnya.
3.      Monitor
Fungsi dari monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
4.      Printer
Fungsi printer adalah sebagai alat pencetak hasil output dari perangkat komputer dapat berupa teks, karakter, gambar, warna pada media kertas.
5.      Scanner
Fungsi dari scanner antara lain : 
a.       Fungsi Scanner Dalam Administrasi Perkantoran
Fungsi scanner yang paling utama adalah sebagai alat untuk memindai sebuah obyek yang bisa berupa benda ataupun gambar. Gambar atau obyek yang akan dipindai biasanya berupa dokumen fisik, seperti misalnya sebuah foto, kartu identitas, surat, dan lain sebagainya. Kantor-kantor dan instansi pemerintah biasanya sering memperbanyak dokumen untuk berbagai keperluan.
Dengan memindai sebuah obyek atau gambar, maka kemudian gambar tersebut dapat diubah dan disimpan dalam bentuk obyek digital. Hal ini akan memudahkan penyimpanan dan penggunaan kembali dokumen tersebut dalam bentuk digital pula.
Misalnya sebuah dokumen asli berupa selembar kertas, setelah dipindai dengan menggunakan alat scanner, maka dokumen tersebut akan dirubah bentuknya menjadi sebuah file digital. File digital ini nantinya akan mudah digunakan untuk berbagai keperluan digital lainnya misalnya edit, atau dikirimkan melalui surat elektronik, dan lainnya.
b.      Fungsi Scanner Di Bidang Desain
Dengan adanya scanner semakin memudahkan mereka yang bekerja di bidang desain. Seperti yang kita tahu pada jaman dahulu dalam dunia fotografi masih menggunakan jenis kamera analog. Dimana masih menggunakan roll film yang harus kita cuci untuk mendapatkan hasil cetakan fotonya.
Foto-foto yang telah dihasilkan kamera analog pada jaman dahulu kebanyakan sekarang ini telah rusak atau pudar. Dengan adanya scanner ini foto lama tersebut bisa dipindai untuk kemudian diubah dalam bentuk dokumen digital. Foto digital ini kemudian bisa kita ubah bentuk, warna, dan lainnya dengan menggunakan bantuan software scanner dan komputer. Setelah diubah atau diperbaiki, biasanya hasilnya bisa menjadi seperti foto baru kembali.
c.       Fungsi Scanner Lainnya
Masih banyak lagi fungsi scanner lainnya selain yang dijelaskan. Namun fungsi scanner juga tergantung pada jenis-jenis scanner yang digunakan karena secara umum scanner tidak hanya untuk memindai gambar atau kertas saja. Ada beberapa macam-macam scanner lainnya yang masing-masing fungsi dan cara kerjanya sedikit berbeda.
6.      CDROM
Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.
7.      Modem
Fungsi modem adalah untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Sekarang ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
8.      Speaker
Fungsi speaker adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.

Tidak ada komentar :